• 08121752022
  • dokterbehel@gmail.com

Kapan Saat Tepat Memasang Kawat Gigi?

Kapan Saat Tepat Memasang Kawat Gigi

Kapan Saat Tepat Memasang Kawat Gigi?

“Kapan Saat Tepat Memasang Kawat Gigi?”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Halo adik-adik semua… Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, tim dari dokterbehel.com kembali akan menyampaikan informasi tentang kapan waktu yang tepat untuk memasang behel/ braket/ kawat gigi.

Keputusan memasang behel (kawat gigi) bukan perkara yang sederhana. Cukup banyak kalangan yang memakai behel gigi dengan alasan untuk penampilan. Perlu kita pahami bersama, sebenarnya manfaat pemakaian behel tidak hanya sebatas untuk penampilan/ estetika saja.

Instagram: @dokterbehel

Faktanya pemakaian behel gigi dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan gigi. Sebab susunan gigi geligi yang tidak rapi lebih berisiko untuk menjadi tempat penumpukan plak atau sisa-sisa makanan yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan gigi dan mulut.

Susunan gigi geligi yang tidak rata dapat menyebabkan makanan tidak bisa dikunyah dengan baik. Bila dibiarkan, hal tersebut dalam jangka panjang beresiko pada gangguan masalah pencernaan.

Susunan gigi yang tidak rapi, juga dapat berpengaruh pada kualitas vokal, berpengaruh terhadap kejelasan vokal dalam berbicara. Sebaliknya, susunan gigi yang rapi tentu akan membuat kualitas vokal lebih mudah untuk dipahami.

Umumnya, dokter orthodontik akan menyarankan pemasangan behel/ kawat gigi untuk kondisi-kondisi sbb:

  • Bila gigi tumbuh pada posisi yang tidak normal, terjadi menumpuk gigi atau posisi gigi terlalu renggang.
  • Bila rahang atas atau gigi atas jauh lebih maju dari rahang / gigi di bawahnya.
  • Bila rahang bawah / gigi bawah lebih maju dibanding rahang atau gigi bagian atas.
Kapan Saat Yang Tepat Memakai Kawat Gigi?

Pada kesempatan ini kakak akan menjelaskan pertanyaan yang sering muncul terkait kapan saat yang tepat untuk pemasangan behel gigi (kawat gigi)?

Banyak sekali pertanyaan tentang hal tersebut. Pasang behel gigi/ braket sebaiknya dilakukan pada saat gigi permanen sudah tumbuh, yaitu pada usia 8-14 tahun.

Idealnya pemeriksaan dilakukan pada anak usia 7 tahun untuk memperkirakan apakah akan mengalami masalah susunan gigi atau tidak. Selain itu, pasang behel gigi pada usia muda akan lebih efektif karena tulang wajah yang masih berkembang.

Lalu apakah orang dewasa tidak boleh pasang behel gigi? Tidak ada kata terlambat untuk pasang behel gigi. Behel gigi dapat dipergunakan untuk usia berapapun, yang membedakan adalah pada jangka waktu pemakaian.

Pada orang dewasa akan memerlukan waktu perawatan yang lebih lama karena tulang wajah tidak lagi berkembang dan permasalahan yang pada umumnya lebih kompleks.

Info Alternatif Klinik Ortodonti di Surabaya:
  • RS. Muhammadiyah Siti Khodijah. Jl. Raya Pahlawan 260 Sepanjang Sidoarjo.
  • RS. Al Irsyad Surabaya. Jl. KH Mas Mansyur 210-214 Surabaya.
  • RSIA Kendangsari MERR Surabaya. Jl. Ir Soekarno Hatta no. 2 Merr Surabaya

Demikian, uraian singkat tentang Kapan Saat Tepat Memasang Kawat Gigi. Semoga bermanfaat.

خَيْرُالناسِأَنْفَعُهُمْلِلناسِ


dokterbehel.com

Klinik Dokter Spesialis Orthodonti

Kontak Kami

Dokter Behel

Leave a Reply